Elemen Komposisi Dalam Fotografi (Bagian 2)


Dalam postingan sebelumnya telah dibahas tentang Garis (Line) sebagai salah satu elemen komposisi dalam penyusunan sebuah gambar, selanjutnya akan dibahas tentang elemen berikutnya yaitu elemen Bentuk (Shape) dan Wujud (Form).

2. Elemen Bentuk (Shape)
Cara objek terhubung satu sama lain yang membentuk suatu bidang 2 dimensi dalam gambar menjadi suatu bentuk dapat menarik mata untuk mengidentifikasi objek. Dengan komposisi bentuk maka gambar akan terkesan lebih dinamis, seimbang, tertata dengan baik dan menarik untuk dilihat. Contoh penerapan elemen komposisi bentuk dalam gambar adalah ketika memotret 3 orang sekaligus dalam satu foto, jika ketiganya diatur berdiri sama tinggi maka akan mendapatkan sebuah foto yang kaku dan kurang enak dipandang. Lain halnya jika ketiganya disusun membentuk sebuah segitiga maka secara keseluruhan gambar anda akan tampak lebih dinamis, seimbang dan menarik.
Penerapan Elemen Bentuk (Shape)

3. Elemen Wujud (Form)
Pada dasarnya elemen wujud (Form) merupakan 3 dimensi dari elemen bentuk (Shape). Elemen wujud adalah ketika kita melihat 3 dimensi dari objek dalam gambar dan elemen tersebut akan memberikan kedalaman fokus dari gambar. Seperti contoh bentuk sebuah jeruk terlihat seperti bola (3 dimensi) dan bukan seperti sebuah piringan (2 dimensi). Untuk menekankan bentuk subjek dalam fotografi, penggunaan cahaya dan bayangan sangat penting diperhatikan.
Penerapan Elemen Wujud (Form), objek terlihat seperti 3 dimensi
Bersambung...

Artikel Asli di http://otodidakfotografi.blogspot.co.id/2012/01/elemen-komposisi-dalam-fotografi-bagian_03.html


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel